in Web Security

Bahaya Memakai HTTP Proxy/Tunnel

vtunnel

vtunnel

Beberapa waktu yang lalu ketika lagi ramai kasus film Fitna, pemerintah memilih untuk memblok akses ke situs-situs seperti Multiply dan Youtube. Namun masyarakat tidak kekurangan akal, mereka menggunakan teknik tunneling atau proxying memanfaatkan proxy gratisan yang ada.

Tanpa disadari penggunaan http proxy gratis di internet memilih bahaya yang serius. Keleluasaan browsing dan anonimitas dibayar dengan resiko keamanan. Salah satu contoh situs yang banyak dipakai adalah vtunnel. Dalam situsnya vtunnel menjelaskan tujuan dibuatnya vtunnel:

Vtunnel is here to help you get to the websites you want to go to online. Many organizations these days block access to sites like myspace, gmail, even google search!

Ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan akses ke situs yang diblok dan anonimitas, yaitu berupa bahaya/resiko keamanan. Mari kita analisa, bahaya apa saja yang dihadapi jika menggunakan http proxy seperti vtunnel.

Analisa Traffic VTunnel

multiply via vtunnel

multiply via vtunnel

Sebagai contoh kasus kita akan gunakan Vtunnel untuk mengakses multiply. Saya akan mencoba login ke multiply dan melihat hasil sniffing, apa yang terjadi dengan password saya. Saya menggunakan Firefox addon Live HTTP Headers untuk sniffing traffic http.

Ketika pertama kali mengakses multiply.com melalui vtunnel, traffic HTTP yang terjadi adalah:

Tidak ada yang penting dalam transaksi di atas. Karena memang hanya membuka halaman login multiply. Setelah halaman login terbuka, kini saya coba memasukkan username:soekiki (ini user saya sendiri) dan password:password123 (ini password ngasal).

Perhatikan pada baris ke-16, terdapat parameter data yang dikirimkan melalui POST request. Pada baris tersebut terdapat variable id dan password yang berisi username multiply dan password yang saya masukkan.

Nah dalam http post di atas jelas terlihat bahwa password dan username saya akan dikirimkan melalui HTTP POST request ke server vtunnel. Setelah tiba di server vtunnel, baru kemudian user dan password saya akan dikirimkan ke server multiply.

Kesimpulan

Dalam analisa traffic di atas jelas terlihat bahwa data credentials saya (username dan password) selalu dikirimken ke vtunnel, bukan ke multiply. Memang begitulah cara kerja HTTP proxy/tunnel, istilahnya adalah Man in The Middle.

Bahaya Man in The Middle tidak hanya ketika melakukan request, namun response juga sama saja. Singkatnya, response adalah apa yang anda terima dari server anda, bisa berupa file yang saya download, atau halaman web yang saya baca. Semua itu dikirimkan dari multiply bukan ke saya, namun ke vtunnel dulu, baru kemudian diteruskan ke saya.

Dalam artikel ini saya hanya membahas contoh vtunnel dan multiply hanya sebagai contoh saja, sebenarnya semua http proxy bekerja dengan cara yang sama. Ketika anda melakukan login melalui proxy, maka data rahasia anda akan dilewatkan melalui proxy anda.

Write a Comment

Comment

This site is using OpenAvatar based on

19 Comments

  1. keren artikelnya mas, meskipun di ane gk bisa…hehehehehehe

    jangan lupa ditambahin ya mas artikel yang serem2 😀 hehehehehe

  2. wacana yang bagus ,semoga org2 yang memakai proxy untuk bypass kartu “gratis 10 situs populer” berhati2 saat login ini itu .:)

  3. setahu ane TUNNEL itu adalah penghubung jaringan antara IP/jaringan kita ke jaringan yang akan kita tuju,,,, seperti yg anda bilang di atas anda dikirim ke vtunnel dahulu trus dan lalu dikirimkan ke server multiply,,,, bukan kah emang bagitu cara kerja tunnel kan,,, sebagai pihak ke 2 dari jaringan anda….. atau coba googling aja deh bang kegunaan tunnel/definition tunnel

    semoga membantu

Webmentions

  • VPN, Proxy, Tunnel.. | Just Me November 9, 2013

    setahu ane TUNNEL itu adalah penghubung jaringan antara IP/jaringan kita ke jaringan yang akan kita tuju,,,, seperti yg anda bilang di atas anda dikirim ke vtunnel dahulu trus dan lalu dikirimkan ke server multiply,,,, bukan kah emang bagitu cara kerja tunnel kan,,, sebagai pihak ke 2 dari jaringan anda….. atau coba googling aja deh bang kegunaan tunnel/definition tunnel

    semoga membantu